Jumat, 12 Juni 2015

Resensi Novel



Niwatasari

Judul Novel           :Yamaniwa “Ketika     Cinta   Bertemu Karma”
Penulis                   : Netty VirgiantiniPenerbit                             : PT. Gramedia Pustaka Utama 
Tahun Terbit          : 2013 
Tebal                     : 224 halaman


  
SINOPSIS
Niwa tidak menyangka pengkhianatannya pada Yama, kekasih di masa lalu, harus ditebus dengan sangat mahal dengan hubungan cinta yang selalu kandas ditengah jalan. Dalam sepuluh tahun, sudah lima laki-laki meninggalkannya. Bahkan menurut ramalan sahabatnya, Ia bakal patah hati 995 kali lagi. Namun yang terberat, Niwa menyadari sesungguhnya Ia masih sangat mencintai Yama, tepat ketika pria itu muncul dan meminta Niwa membuatkan kebaya pengantin untuk calon istrinya. Apakah ini karma yang masih harus dibayar Niwa atau ini sekadar pembalasan dari Yama. Jika memang ada karma cinta, Niwa ingin membayar semua dosa masa lalunya pada Yama, agar Ia bisa segera move on dari pria itu. Namun keadaan berubah saat Yama mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi, perasaannya masih sama untuk Niwa. Selama ini Yama masih mencintai wanita yang pernah mengecewakannya itu.
UNSUR INTRINSIK NOVEL
1. Tema                       : Penyesalan seorang wanita atas kesalahan di masa lalunya, yaitu                                                                            qqqqqqqqperselingkuhan.
2. Latar Belakang        : SMK Srikandi, Butik, Toko kain, Rumah Era, Stasiun, Rumah   nnNiwa, Halaman rumah Niwa. Pusat perbelanjaan (Semarang).
3. Waktu                     :  Pagi hingga malam.
4. Suasana                   :  Menyenangkan, mengharukan dan menegangkan.
5. Alur                         :  Novel ini menggunakan alur maju.
6. Gaya Bahasa           : Menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yaitu Bahasa Jawa  hjyang tidak baku namun cukup mudah dimengerti oleh pembaca.
7. Amanat                   :

a.       Jika kita telah berkomitmen dengan seseorang, tidak seharusnya kita mengkhianati kepercayaannya.
b.      Jodoh itu rahasia Tuhan, tidak ada manusia yang bisa menduganya. Kita bisa berjodoh dengan siapapun yang dikehendaki –Nya, bisa saja kita berjodoh dengan orang baru kita kenal ataupun orang yang pernah kita kecewakan.

8. Penokohan              :
a.       Niwatasari : wanita bertubuh mungil, berlatar belakang pendidikan tata busana.
b.      Yamadipati : lelaki bertubuh sedang, tinggi dan pendiam. Kekasih tokoh Niwa di masa lalu.
c.       Era : wanita dengan tubuh berisi, sahabat tokoh Niwa.
d.      Erlan : Adik Era.
e.       Bapak : Ayah dari tokoh Niwa
f.       Ketiga kakak lelaki Niwa
g.      Yema : Adik dari tokoh Yama.
h.      Arvin : Lelaki supel, murah senyum dan playboy. Kekasih Niwa dimasa lalu, laki-laki ini yang menjadi alasan tokoh Niwa berselingkuh.
i.        Agas : sahabat tokoh Niwa dan Yama, Kekasih Era.

KELEBIHAN NOVEL
Dalam novel ini, terdapat cerita yang sederhana namun bermakna. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti. Penempatan setting waktu dan tempat yang sangat detail.

KEKURANGAN NOVEL
Ceritanya fiksi, berakhir dengan keadaan yang sangat tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata dan membuat orang berfikir jika kesalahan dimasa lalu akan selalu berakhir indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar