Nama : Lany Nurwidyastuti
NPM : 14212158
Kelas : 3EA18
KASUS
1
PENGARUH
KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS
PERILAKU
KONSUMEN INDONESIA TERHADAP PASTA GIGI PEPSODENT
Saya akan
coba membahas perilaku konsumen Indonesia terhadap pasta gigi.
Pepsodent
merupakan produk pasta gigi yang sudah mempunyai pangsa pasar yang besar.
Kondisi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut untuk mampu menarik
konsumen baru dan mempertahankan konsumen. Dalam upaya memperoleh dan
mempertahankan konsumen dibutuhkan kepercayaan merek yang tinggi, karena dengan
kepercayaan merek maka akan dapat membuat konsumennya terus loyal pada merek
pasta gigi Pepsodent.
Pepsodent
telah memiliki kosumen dengan tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga
loyalitas mereka pun tidak diragukan lagi. Sampai saat ini survey menunjukkan
merk pasta gigi yang aling diminati oleh
masyarakat adalah pepsodent, sementara merk lain dengan jenis produk yang
sejenis penjualannya masih dibawah rata-rata penjualan pepsodent.
Meskipun
demikian, Unilever selaku produsen terus meningkatkan tingkat penjualan dengan
berbagai strategi misal dari segi pemasaran yaitu melalui iklan di tv yang
dibuat semenarik mungkin. Dengan seringnya iklan yang ditayangkan di televisi,
maka konsumen akan lebih mudah mengingat produk tersebut.
Para
konsumen yang sebelumnya telah memiliki kepercayaan atas produk ini akan
semakin meningkatkan loyalitas pada produk ini karena mereka telah yakin oleh
kualitas yang telah dipertahankan dan ditingkatkan dari masa ke masa.
PENDAPAT:
Saran saya adalah agar pihak
Unilever selaku produsen penghasil pasta gigi Pepsodent sebaiknya terus
melakukan inovasi terkait dengan keandalan produknya (brand reliability).
Dengan demikian citra yang sudah terbangun tentang kualitas dan keandalan pasta
gigi Pepsodent akan terus dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan sehingga
dapat semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek pasta gigi
Pepsodent. Dari hasil sumbangan efektif diketahui niatan baik suatu merek
(brand intentions) memiliki pengaruh yang lebih kecil dalam pembentukan loyalitas
merek pasta gigi Pepsodent
Sumber :
KASUS 2
Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Tas dengan Brand terkenal
Pada saat
ini fashion sudah menjadi hal yang
penting bagi sebagian orang. Tak hanya kaum wanita, namun kaum pria juga merasakan
hal yang sama. Tas, fashion item yang satu ini adalah bagian yang juga
mendukung suatu penampilan. Tak hanya untuk pelengakap fashion atau
mempercantik penampilan, namun sekarang ini tas juga dapat digunakan untuk
menunjukkan status sosial.
Misal pada
kalangan sosialita, para anggotanya akan
berlomba-lomba untuk mempertujukkan kemewahan mereka melalui fashion, tas
adalah salah satunya. Mulai dari brand
dengan harga yang mudah terjangkau hingga
dengan harga yang selangit, brand-brand tersebut sudah memasuki pangasa pasar
di indonesia. Bagi mereka yang memiliki penghasilan diatas rata-rata bisa saja
menggunakan merk tas dengan harga yang fantastis.
Contoh tas dengan brand yang sudah terkenal saat ini
adalah gucci, hermes dan chanel. Ketiga brand tersebut selalu menjadi incaran
bagi sebagian orang dengan pendapatan yang tinggi. Tak hanya untuk melengkapi
penampilan mereka, namun jga untuk menunjukkan seberapa tinggi status sosial
mereka di masyarakat.
Padahal jika dibandingkan
dengan merk lokal yang kualitasnya sama namun dengan brand image yang berbeda
harga yang ditawarkan terpaut jauh. Namun masyakat kini lebih mementingkan pencitraan
dengan membeli tas dengan brand yang hanya bisa diperoleh dengan harga fantastis
dibanding membeli produk lokal dengan harga yang lebih rendah.
Pendapat :
Menurut saya,
sebaiknya masyarakat Indinesia lebih selektif saat membeli suatu produk. Karena
saat ini sudah banyak merk lokal yang kualitas terjamin dan dengan harga yang
lebih rendah jika dibanding merk luar yang terlampau mahal. Tidak ada salahnya
pula membeli roduk dalam negri, selain lebih bisa menghemat budget, kita juga
dapat meningkatkan penjualan dalam negri serta membantu produsen dalam negri
agar lebih maju dan berkembang.
Terima kasih infonya, sangat membantu, ijin share di facebook yah mba. Sukses selalu salam kenal.
BalasHapus